google-site-verification=0bAlBfA_h-oE4RTJMsE2BAHw-LQGXaQylfUivuPOmMU

Selamat Datang

SELAMAT DATANG DI LUNANG ROJER - KABUPATEN PESISIR SELATAN - SUMATERA BARAT - INDONESIA

kalimat motivas

Tidak ada orang yang Pintar.......
Yang ada orang tahu lebih dulu

Thursday, March 17, 2016

Cara meng copy rumus penjumlahan di Ms.Excel


Kemarin sudah saya poting artikel tentang cara menjumlah secara otomatis model tabel harga satuan klik disini. sekarang saya bagikan kepada anda ilmu cara meng copy rumus.

ada kalanya laporan keuangan yang anda buat begitu banyak point pengeluarannya bahkan sampai puluhan hingga ratusan nomor, tidak cukup hanya mengetahui cara membuat rumus penjumlahan, tapi juga perlu mengetahui cara meng copy rumus. gunanya agar tidak repot mengisi rumus pada masing-masing kolom JUMLAH Rp
Langsung saja:

Teori cara  meng copy  rumus:
  1. Klik kolom yang akan di copy rumusnya.
  2. Posisikan penunjuk mouse di ujung bawah kanan kolom yang akan di copy rumusnya. sehingga penunjuk mouse berubah bentuk seperti tanda tambah warna hitam.
  3. Klik seret ke kolom/kotak tujuan (biasanya terdiri dari beberapa baris ke bawah).
  4. Lepas klik, dan klik disembarang tempat kosong.
  5. Selesai.
Perhatikan gambar dibawah.
Gambar 1
Tabel panduan untuk praktek meng copy rumus penjumlahan

Praktek meng copy rumus:
Berdasarkan gambar diatas, kolom cell H10 (dilingkari merah) sudah diberi rumus penjumlahan. langkah berikutnya meng copy rumus cell H10 ke kolom bawahnya (dari kolom JUMLAH Rp nomor 2 sampai nomor 8).

Caranya:
1. Klik kolom cell H10 yang ditandai lingkaran warna merah seperti gambar diatas (kolom yang sudah diberi rumus penjumlahan).

2. Posisikan  penunjuk mouse di bawah kanan kolom yang rumusnya akan di copy, sehingga penunjuk mouse seperti tanda tambah warna hitam. seperti gambar dibawah.

3. Klik seret kebawah sampai baris nomor 8. seperti gambar dibawah.

4. Lepaskan klik dan klik disembarang tempat yang kosong, hasilnya seperti gambar dibawah.

5. Selesai. selamat mencoba

Untuk menjumlah secara otomatis di kolom TOTAL, klik disini
Demikian penjelasan cara meng copy rumus penjumlahan, semoga bermanfaat.
Ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.


Yang perlu diketahui:
  1. Cara menampilkan icon/menu Ms.Excel.
  2. Cara menambah kolom / kotak di Microsoft excel.
  3. Cara mengurangi / menghapus kolom / kotak tabel di Microsoft Excel.
  4. Mengenal fungsi kegunaan menu di Microsoft Excel.
  5. Cara membuka Program Microsoft Excel.
  6. Cara mengatur lebar baris kolom ke bawah di Microsoft Excel.
  7. Cara menggabung kolom kotak di Microsoft Excel.
  8. Cara mengedit memperbaiki tulisan di Microsoft Excel.
  9. Cara memberi garis kotak tabel di Microsoft Excel.
  10. Cara menengahkan judul tulisan di Microsoft Excel.
  11. Cara mengatur lebar memperlebar kolom ke kanan di Microsoft Excel.
  12. Cara menjumlah dari atas ke bawah secara otomatis di Microsoft Excel.
  13. Cara membuat rumus menjumlah secara otomatis di Microsoft Excel.
  14. Cara meng copy rumus penjumlahan-di Microsoft Excel.




logoblog